Polisi Tetapkan 257 Tersangka Kerusuhan 22 Mei



Viralteratas.com | Polda Metro Jaya mengamankan 257 orang terkait aksi rusuh pada 22 Mei dini hari tadi. Massa diamankan dari tiga lokasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan massa diamankan dari depan Bawaslu, Jalan MH Thamrin, kawasan Petamburan, dan Gambir, Jakarta Pusat.

"Kemudian di Bawaslu itu kenapa kita lakukan penangkapan, karena yang bersangkutan melawan petugas yang sedang bertugas, kemudian memaksa masuk ke Bawaslu," kata Kombes Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Sementara itu, massa yang diamankan di Petamburan karena menyerang asrama Brimob. Massa di sana membakar 10 unit mobil.

"Kemudian penyerangan di Polsek Gambir," imbuhnya.

Dari ketiga TKP tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Barang bukti itu di antaranya bendera hitam, molotov, hingga amplop dan lain-lain.

Sebanyak 257 orang ini juga telah ditetapkan menjadi tersangka.

Polisi: Provokator 22 Mei Ajak Serang Jokowi di Johar

Polisi mengungkap percakapan provokator kerusuhan 22 Mei 2019 dengan massa di grup WhatsApp (WA). Provokator mengajak massa untuk menyerang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terus kemudian di WA grup ini menyampaikan, 'Jokowi di Johar, ayo kita serang.' Ada di sini (grup WA)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Pada Selasa (21/5) kemarin, Presiden Jokowi memang sempat berada di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Dia berpidato kemenangan Pemilu 2019 pada siang hari.

Argo Yuwono menyatakan provokator mengajak massa untuk rusuh. Selain itu, percakapan di WA juga menginformasikan kondisi di titik kerusuhan Jakarta.

"Ada kata-kata lagi, 'Rusuh sudah sampai Tanah Abang kok, sudah sampai bakar-bakaran.' Jadi dia sudah langung menyampaikan ke Grup," lanjut Argo.

Ada 257 tersangka yang dari kerusuhan tersebut. Mereka diduga terlibat kerusuhan di Bawaslu, Petamburan, dan Gambir. (detik.com)




257 pelaku kericuhan ditangkap.
Mereka datang dari luar Jakarta.
Ditemukan molotov, busur panah dan batu. Ada banyak amplop berisi uang yg udah dinamain untuk siapa.
Ada bukti rencana penyerangan asrama Polisi.

472 people are talking about this



Subscribe to receive free email updates: