Banyak yang Lebih Membutuhkan, Warga Tegalharjo Trangkil ini Kembalikan BST


Banyak yang Lebih Membutuhkan, Warga Tegalharjo Trangkil ini Kembalikan BST

Trangkil - Jum’at, 15 Mei 2020, seorang warga RT 001 RW 002 Dukuh Tegalombo Desa Tegalharjo Trangkil Pati bernama pak Ma’ruf mengembalikan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial kepada pemerintah desa.

Dalam surat pernyataan yang diunggah melalui story whatsapp dan facebook kepala desa Tegalharjo Ahmad Pandoyo tertulis, agar bantuan berupa uang tunai Rp 600.000,- tersebut bisa dialihkan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.

Ma’ruf, melalui sambungan telepon beliau menjelaskan, “Kemarin tiba-tiba mendapat pemberitahuan dari perangkat desa kalau istri saya termasuk mendapat Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah, karena menurut saya banyak warga yang jauh lebih membutuhkan, jadi tadi saya mengembalikan ke pemerintah desa agar bisa dialihkan kepada warga yang lebih berhak,” jelasnya.

Sedianya, sesuai yang tertera dalam surat pemberitahuan dari POS Indonesia bantuan tersebut bisa diambil di kantor POS terdekat Senin 18 Maret 2020 lusa dan akan ada 3 tahap dengan masing-masing tahap sejumlah Rp 600.000,-.

Sementara itu Ahmad Pandoyo selaku kepada desa ketika dihubungi membenarkan surat pernyataan warga yang mengembalikan Bantuan Sosial Tunai tersebut.

Lewat pesan Whatsapp beliau memberikan tanggapan, “Kaget juga, saya mengira warga akan berebut dapat bantuan, ternyata masih ada warga yang menyadari bahwa yang berhak menerima bantuan itu adalah mereka yang berasal dari keluarga miskin, sekaku kepala desa saya memberikan apresiasi atas sikap tegas pak Ma’ruf ini, semoga bisa meningkatkan mental pemenang dalam menghadapi musibah covid-19 ini bagi seluruh warga kami,” ujarnya.

Aksi simpatik warga yang mengembalikan BST juga terjadi beberapa kali di daerah lain, usut punya usut salah satu penyebab “kurang tepatnya” data penerima BST adalah karena Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) langsung dari pusat, desa tidak tahu sama sekali siapa atau bagaimana cara pendataannya, tiba-tiba muncul DTKS penerima bantuan dari Dinas Sosial.

Semoga aksi simpatik dan heroik pak Ma’ruf ini bisa kita jadikan teladan, di saat pandemi seperti ini masih banyak orang yang lebih membutuhkan, jika kita termasuk mampu secara ekonomi dan masuk data penerima bantuan lebih baik dikembalikan agar dialihkan untuk warga yang benar-benar membutuhkan.

Sumber :Patinews.com/artikelasli
Penulis: Achmad Munandar
Foto: Humas Desa Tegalharjo

0 Response to "Banyak yang Lebih Membutuhkan, Warga Tegalharjo Trangkil ini Kembalikan BST"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bantu Like artikel ini ya .....