Eksotisnya Pantai Gua Manik, Donorojo, Jepara

Tentunya kita tidak asing dengan kota jepara, sebuah kota yang dikenal dengan kerajinan seni ukiran yang khas dan indah. Tapi siapa sangka jika ternyata jepara juga memiliki wisata alam yang terkenal dan tentunya harus kita kunjungi. Salah satunya tempat wisata yang terkenal yaitu Pantai Gua Manik.

Tempat wisata pantai gua manik berada di paling ujung utara bagian jepara, lebih tepatnya berada di kecamatan Donorojo, kabupaten Jepara. Memang cukup jauh jarak yang harus ditempuh oleh para wisatawan jika ingin berkunjung ke pantai gua manik. Meskipun jaraknya yang cukup jauh dari kota tetapi wisatawan di pantai gua manik tidak sepi pengunjung setiap hari dan jikalau kalian berkunjung maka sepanjang jalan akan disuguhi dengan keindahan jalan yang cukup asri.

Tetapi, tempat wisata pantai gua manik tak jauh dari rumahku. Kurang lebih berjarak 3 km dari rumah menuju wisata tersebut. Kemarin aku pulang dari kudus sekedar bertemu keluarga dan juga istirahat sebentar dari aktivitas kuliah di kota kudus. Tidak terasa waktu sore pun tiba, entah ada apa adik keponakanku yang bernama “Akbar” mengajak aku jalan-jalan memakai sepeda montor dan mengujungi wisata pantai gua manik yang terkenal indah tepi pantainya yang luas dan sunset di sore hari.

Aku tidak perlu berpikir panjang untuk menjawab iya. Karena lumayan refreshing sebentar dan diambah cuaca sore itu yang cerah, jadi bisa lihat sunset yang indah. Sepanjang perjalan akbar mengajak berbincang mengenai pemandangan langit yang indah saat itu. Tidak terasa perlanan kita hampir sampai, sebuah pentu gerbang masuk di wisata pantai gua manik pun terlihat. Sebelum sampai tepat pintu masuk wiasata gua manik, aku dan akbar harus melewati dua wisata yaitu pantai Benten Portugis, dan pantai Putri Mandalika. Tentunya kedua tempat wisata tersebut tak kalah indah dan menarik untuk di kunjungi.

Akhirnya sampai digerbang wisata pantai gua manik. Kemudian baru masuk pantai gua manik aku dan akbar udah di sajikan dengan satu bangunan yang indah yang berwarna-warni, yaitu mercusuar. Iya, di pantai gua manik ada bangunan mercusuar yang berwarna seperi pelangi dan menjadikan tempat tersebut semakin menarik dan layak dikunjungi tentunya. Bangunan yang cantik dengan berlapis warna-warni membuat mata seakan ingin mendatangi mercusuar lebih dekat dan berfoto dengan bangunan tersebut.

Aku dan akbar pun tertarik mendekati bangunan mercusuar tersebut, tak hanya terpesona dengan warnanya tapi kami juga tertarik naik ke atas mercusuar tersebut. Iya, kita bisa naik ke atas mercusuar tersebut hanya membayar Rp. 2000 rupiah saja. Tetapi untuk naik ke atas harus bergantian atau dibatasi berapa orang saja. Karena tidak mungkin cukup menampung orang dengan jumlah banyak untuk naik mercusuar tersebut, dan tempat di teras atas mercusuar pun gak cukup luas. Setelah menunggu beberapa menit, waktu aku dan akbar pun telah tiba. Kami pun bergegas naik tangga untuk menuju teras atas dari mercusuar. Tak cukup lama untuk naik, kami pun sampai dan pemandangan dari atas mercusuar sangat indah. Yang benar saja, mata kami seakan-akan terpaku oleh luasnya pemandangan pantai yang indah dan terlihat daratan laut yang jernih berwarna ke biruan. Aku dan akbar tak mau melewatkan pemandangan yang indah tersebut, kami berfoto dan mengambil beberapa pemandangan dari teras atas mercusuar tersebut.

Sangking keasyikan foto dan menikmati pemandangan dari atas mercuar, sampai kami hampir lupa tentang sunset dan bermain pasir. Akhirnya kami memutuskan untuk turun dan menuju ke arah pantai gua manik. Kami pun jalan menuju pantai melewati beberapa anak tangga berada disebelah mercusuar untuk menuju pesisir pantai gua manik.

Beberapa menit kami jalan, dan tak lama sampai di pesisir pantai gua manik. Kami berdua di sajikan dengan banyak penjual makanan, minuman, dan juga ada jasa sewa ATV (All-Terrain Vehicle) atau semacam sepeda montor trail. Banyak para wisatawan datang di karenakan masih asri dengan pasir hitam yang luas dan banyak pemandangan yang bisa kita dapatkan. Seharusnya sangat cocok nyewa ATV untuk menyusuri luasnya pesisir pantai gua manik, tetapi saat itu aku dan akbar tak membawa uang yang cukup buat menyewa ATV. Jadi kita bermain pasir dan lari kesana-kemari menikmati luasnya pasir di pesisir pantai gua manik.

Baca juga: Humas Polres Kopdar Bareng Youtuber Pati
Sore itu, angin cenderung kencang namun sejuk air laut menggulung terpecah dibibir pantai. Kemudian aku dan akbar menyusuri pinggir pantai dengan berjalan kaki sambil berpose-pose biar kelihatan happy dan terdokumentasi oleh kamera Hpku. Sepanjang menyusuri kami berdua banyak bercanda dan beberapa kali berhenti hanya sekedar mengambil segenggam pasir untuk bermain. Sangat seru dan asyik suasana saat itu kami ciptakan.

Tidak lama kemudian, aku melihat ada teman-teman lingkungan rumah yang baru datang ke pantai gua manik. Aku pun menghampirinya dan saling mengobrol sembari menikmati keindahan pantai sore itu. Kami saling berukar pikiran dan saling memuji karena cukup lama kita tidak bertemu dan pada sibuk dengan kesibukannya masing-masing. Memang anak muda, saat berkumpul pasti yang dibicarakan tidak jauh-jauh dari persoalan cinta, karier, dan masa depan. Tentunya yang paling banyak dibahas tentang persoalan cinta, tetapi memang wajar. Karena sudah sangat umum anak muda jika bertemu atau berkumpul membahas tentang persoalan cinta.

Petemuan kita tak cukup lama ternayata, dimana dia ditelfon ibunya disuruh untuk pulang karena akan pergi ke sebuah acara di saudaranya. Kami pun saling bersalaman dan saling mendoakan satu sama lain, agar apa ayang di cita-citakan terwujud. Aku dan akbar pun kembali menikmati suasana yang indah sore itu.

Tidak henti-hentinya aku merasa kagum atas keindahan panoramanya. Pesona eksotisnya berupa deburan ombak dan pemandangan di sekitar pantai gua manik. Angin saat itu seakan memberikan kesejukan dan rasa damai. Aku menoleh ke kanan kemudian ke kiri dan tak ada orang yang berwajah muram disini, semua tertwa lebar merasakan kebahagian berada ditempat seindah ini. Jarak dan waktu yang aku tempuh dari rumah pun terbayar lunas dengan pantai yang luar biasa cantik dan sangat mempesona.

Tidak terasa sudah lebih satu jam kami bermain di pantai gua manik. Perjalananpun kami lanjut untuk mengisi tenggorokan yang sudah terasa kering karena kekurangan air. Aku dan akbar pun mendatangi pedagang kelapa muda dan kami membeli beberapa makanan ringan untuk mengisi perut yang kosong setelah cukup lama bermain di pantai gua manik ini. Kami berdua duduk di kursi-kursi pinggir pantai yang sudah di sediakan sambil melihat pemandangan ombak disertai berisiknya angin yang cukup kencang.

Tibalah sunset matahari terbenam secara perlahan mengakhiri perjalanan liburan kami, walaupun hanya sekitar beberapa jam kami berada di pantai gua manik. Waktu menunjukkan sudah saatnya pulang karena tak lama lagi adzan magrib akan berkumandang, jika terlalu larut nanti akan terkena marah dan orang tua pun akan kwatir. Walau rasanya kami berdua masih ingin berada di pesisir pantai sambil melihat sunset matahari terbenam hilang dan berganti petang tapi besok masih ada waktu untuk datang kembali untuk menikmati keindahan pantai ini. Akhirnya kami memutuskan bergegas untuk pulang dengan meninggalkan jejak langkah dalam pasir hitamnya yang penuh kenangan ini, mana mungkin secepatnya aku melupakan kisah perjalanan yang indah ini. Tidak sampai disitu keseruan kami, aku dan akbar bebagi canda di sepanjang jalan menuju rumah sambil menutup cerita singkat ini.

Bahwa tak bisa aku lupakan luasnya pasir hitam di pantai gua manik. Meski kutulis namamu di pasir dan tersapu ombak kau akan selalu ku kenang sebagai pantai yang sangat indah, mempesona, dan menyenangkan. Jika kalian ingin berkunjung waktu yang tepat mungkin lebih kepada sore hari, dimana sunset matahari terbenam sangat cantik terlihat dari pesisir pantai gua manik. Tapi sunrise matahari yang muncul dari timur terlihat juga tak kalah cantik dari sunset saat kita lihat berada di pesisir pantai gua manik. Jadi, semua pemandangan yang ada di pantai gua manik jika cuaca cerah akan menjadi sangat indah, mempesona, dan membuat mata bahkan seseorang betah untuk singgah lama-lama di pantai gua manik. ( Patinews.com/artikelasli)

0 Response to "Eksotisnya Pantai Gua Manik, Donorojo, Jepara"