6 Racikan Masker Putih Telur yang Ampuh Angkat Komedo Hingga Menghilangkan Bulu Halus di Wajah

Melakukan perawatan wajah itu nggak harus ke salon. Selain menggunakan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan wajah, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Salah satu bahan alami yang tergolong mudah didapat dan nyata khasiatnya adalah putih telur. Seperti yang kebanyakan orang ketahui, telur banyak mengandung protein yang khasiatnya bagus jika diaplikasikan ke kulit dan rambut.
Sama halnya dengan produk perawatan wajah yang punya efek samping terhadap kulit, putih telur pun nggak bisa serta-merta diaplikasikan ke wajah sembarangan. Tetap harus ikuti saran penggunaan agar wajahmu nggak makin berantakan. Melalui artikel ini, kamu diajak untuk menyelami lebih dalam bagaimana penggunaan masker putih telur untuk perawatan kulit wajah.

Meski belum teruji secara ilmiah, manfaat masker putih telur cukup menjanjikan bagi kulit wajah


manfaat masker putih telur via www.pinterest.com
1. Kandungan albumin dalam putih telur mampu menyerap dan mengurangi produksi sebum alias minyak alami yang berlebih pada wajah.
2. Masker putih telur berfungsi sebagai astringen yang membantu mengecilkan pori-pori wajah.
3. Setelah mengaplikasikan masker putih telur, biasanya kulit akan terasa mengencang hingga beberapa jam ke depan. Kulit wajah juga tampak glowing dan keriput tersamarkan.
4. Menggunakan masker putih telur secara berkala akan membantu mengangkat komedo dan jerawat yang disebabkan karena tumpukan minyak berlebih yang menyumbat pori.
5. Karena kandungan kolagennya, masker putih telur bisa menjaga kadar elastisitas di dalam kulit dan juga memperbaiki tekstur kulit. Masker ini mampu menangkal garis halus dan kerutan di area wajah.
6. Dengan mengusapkan masker putih telur ke wajah, bulu-bulu halus yang mengganggu akan ikut terangkat saat membersihkan masker putih telur yang mengering dengan handuk hangat.

Agar manfaat putih telur untuk wajah setiap hari bisa didapatkan secara optimal, lakukan beberapa hal ini dulu, ya!


cuci muka dulu via www.medicalnewstoday.com
  • Bersihkan wajah sebelum mengoleskan masker putih telur.
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah memecahkan telur.
  • Saat mengoleskan masker ke wajah, sapukan kuas ke arah atas dan hindari area mata.
  • Jangan mengoleskan masker putih telur pada area kulit wajah yang sedang mengalami luka terbuka. Bakteri yang terdapat dalam putih telur mungkin saja masuk dan menginfeksi luka tersebut.

Nggak semua jenis kulit cocok mengaplikasikan masker putih telur di wajahnya. Untuk mengetes, lakukan beberapa aturan berikut


tes kecocokan via www.saubhaya.com
Meskipun manfaat putih telur untuk wajah setiap hari bisa mengatasi permasalahan kulit wajah, kamu yang punya masalah kulit tertentu, apalagi alergi terhadap telur, baiknya terapkan hal ini dulu sebelum menggunakan masker putih telur. Dari sini kamu bisa mengecek apakah wajahmu aman diaplikasikan masker putih telur atau nggak.
  • Oleskan sedikit masker putih telur ke beberapa bagian tubuh lain, seperti punggung tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hingga kulit benar-benar bersih. Lihatlah reaksi kulitmu.
  • Kalau kulitmu nggak mengalami kemerahan, perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, berarti kamu aman untuk pakai masker putih telur pada wajah. Tapi kalau sebaliknya, berhentilah menggunakannya.

Cara membuat masker putih telur untuk berbagai permasalahan kulit

1. Masker putih telur dan tisu

putih telur dan tisu via www.self.com
Masker putih telur saja sudah cukup untuk bikin wajahmu makin kencang, lembap, dan cerah alami. Cara membuat masker putih telur tanpa campuran juga sangat mudah.
  1. Siapkan sebutir ayam kampung dan ambil putihnya saja. Aduk putih telur hingga berbusa dan berbentuk pasta.
  2. Oleskan masker putih telur tipis dan merata di area wajah menggunakan kuas.
  3. Tempelkan tisu ke wajah, kemudian oleskan lagi masker putih telur di bagian atas tisu.
  4. Tunggu beberapa menit hingga masker putih telur benar-benar kering.
  5. Setelah kering, angkat perlahan masker yang mengering beserta kertas tisu.
  6. Terakhir, bilas wajah dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.
2. Masker putih telur jeruk nipis

putih telur dan lemon via www.thekitchenmccabe.com
Perpaduan putih telur dan jeruk nipis bermanfaat untuk mencerahkan kulit juga mengurangi jerawat dan flek hitam. Jeruk nipisnya bisa kamu ganti dengan jeruk lemon. Ramuan ini cocok untuk yang kulitnya berminyak. Begini cara meracik masker putih telur jeruk nipis atau masker putih telur dan lemon:
Belah jeruk nipis/lemon, ambil airnya. Pecahkan telur, lalu ambil putihnya saja untuk dicampurkan dengan air perasan nipis/lemon. Aduk rata, masker siap dipakai.
2. Masker putih telur dan madu

putih telur dan madu via www.youtube.com
Madu punya kandungan antiseptik yang mampu menumpas bakteri penyebab komedo atau jerawat. Madu juga jadi bahan alami langganan untuk membantu melembapkan wajah sehingga cocok untuk yang kulitnya kering.
Campurkan putih telur ayam dan satu sendok madu murni. Aduk rata dan masker pun siap dipakai.
3. Masker putih telur dan kopi

putih telur dan kopi via www.youtube.com
Putih telur juga berguna untuk menyegarkan mata yang sembab atau berkantung akibat kurang tidur atau kurang nutrisi. Rahasianya adalah menggunakan masker kombinasi putih telur dengan bubuk kopi segar yang mengandung kafein. Masker putih telur dan kopi juga bisa berguna sebagai peeling.
Campurkan putih telur dengan dua sendok teh kopi dalam mangkuk. Kocok adonan sampai berbusa. Masker putih telur dan kopi siap diaplikasikan.
4. Masker putih telur dan susu

putih telur dan susu via livinginharmony.wixsite.com
Perpaduan masker putih telur dan susu bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan juga menghaluskan kulit. Kamu bisa menggunakan susu bubuk merek Dancow atau susu bubuk merek lainnya. Masker putih telur untuk kulit kering juga bisa menggunakan racikan ini.
Campurkan putih telur dengan satu sendok susu bubuk putih, aduk rata hingga membentuk pasta. Masker putih telur dan susu siap digunakan.
5. Masker putih telur dan kunyit

putih telur dan kunyit via livinginharmony.wixsite.com
Jerawat yang membandel dan sulit dihilangkan bisa diatasi oleh campuran masker putih telur dan kunyit karena sifat antibakterinya. Sedangkan kandungan antiaging di dalam kunyit mampu menghambat munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah secara alami.
Campurkan putih telur dengan satu sendok bubuk kunyit dan aduk merata hingga menjadi pasta kental. Masker putih telur dan kunyit siap diaplikasikan ke wajahmu.
6. Masker putih telur, gula halus, dan pati jagung

putih telur, gula halus, dan pati jagung via www.youtube.com
Putih telur bisa menghilangkan rambut wajah dengan mencampurkan gula halus dan pati jagung. Selain menghilangkan rambut halus di wajah, masker kombinasi ini juga menghilangkan noda di kulit wajah.
  1. Kocok putih telur, campurkan dengan 1 sendok makan gula halus dan 2 sendok teh pati jagung.
  2. Aduk lalu aplikasikan secara merata di wajah, terutama pada bagian rambut berlebih.

Sebelum mengaplikasikan masker, cuci wajah menggunakan air hangat dan keringkan. Setelah itu, oles wajah dengan masker putih telur hingga merata. Biarkan 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih. Beberapa kasus mungkin wajah akan sedikit perih setelah maskernya diangkat. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya atau menggunakan pelembap setelah selesai mengaplikasikan masker putih telur. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya. Selamat mencoba!

( Hipwee.com/Artikelasli )

0 Response to "6 Racikan Masker Putih Telur yang Ampuh Angkat Komedo Hingga Menghilangkan Bulu Halus di Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bantu Like artikel ini ya .....