Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bayi Kembar Tiga Lahir di Banyuwangi, Semuanya Perempuan

Bayi kembar tiga lahir dengan selamat di RS Graha Medika, Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran. Semuanya perempuan.

Bayi kembar tiga yang lahir di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani

Banyuwangi - Bayi kembar tiga lahir dengan selamat di RS Graha Medika, Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran pukul 10.00 WIB. Semuanya perempuan.

Tiga bayi ini merupakan buah hati dari pasangan Mohamad Iqbal dan Dian Cahyo Harimukti, warga Desa Taman Agung, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.


Meskipun lahir secara sesar, kondisi ketiga bayi kembar dalam keadaan sehat. Bayi pertama memiliki berat 2.950 gram dengan panjang 48 cm. Bayi kedua beratnya 2.500 gram dan panjangnya 47 cm. Sedangkan bayi ketiga beratnya 2.700 gram dan panjang 48 cm.


"Alhamdulillah ketiga bayi saya lahir dengan selamat. Sempat mau lahir normal, tapi karena risiko akhirnya lahir sesar," ujar Iqbal kepada detikcom, Senin (11/1/2021).


Ia mengaku sangat bahagia atas lahirnya ketiga anaknya tersebut. Sebelum dikaruniai anak kembar tiga ini, dirinya mengaku tidak memilik firasat apa pun.


"Tidak ada firasat apapun. Tapi jelas di USG sebelumnya memang ada 3 bayi. Tapi yang jelas selamat dilahirkan sudah alhamdulillah bagi saya," tambahnya.


Ketiga buah hatinya itu, lanjut Iqbal, akan diberi nama Saraya Hessa Mustika, Kimora Jessa Mustika dan Harumi Keeya Mustika. Kamalia Hasanah, dokter yang menangani kelahiran kembar tiga itu mengatakan, dalam proses kelahiran tidak ada kendala apapun.


Bahkan menurutnya, kondisi ketiga bayi ini sehat dengan berat normal. Namun pada saat operasi sesar, bayi dalam posisi sungsang. Yang mana posisi pantat bayi berada di atas dan hal ini harus ditangani secara hati-hati.


"Kelahiran bayi kembar tiga atau disebut triplet sangat jarang dijumpai dengan perbandingan satu banding 10 ribu. Sempat mau lahiran normal tapi karena ada kendala terpaksa dilakukan dengan sesar," tambahnya.


Direktur Rumah Sakit Graha Medika Yosomulyo, dokter Yesi Kurnia Daliyanti mengaku baru pertama kali pihaknya menangani kelahiran kembar tiga. Namun sebelum proses kelahiran ini, pihak rumah sakit sudah mempersiapkan semua peralatan medis.


"Memang baru pertama kali ini. Tapi kami mempersiapkan dengan seksama. Agar tidak ada kendala," pungkasnya. (Detik.com)

Posting Komentar untuk "Bayi Kembar Tiga Lahir di Banyuwangi, Semuanya Perempuan"