Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Pasar Muamalah di Depok Jual Beli Pakai Dinar, Ga Nyangka Begini Penelusuran Lurah




Viralteratas.com - Sebuah video menunjukkan proses jual beli yang dilakukan di sebuah pasar Muamalah di wilayah Tanah Baru, Depok, viral di media sosial. Pasalnya jual beli tersebut dilakukan dengan uang asing dinar dan dirham bukan Rupiah.

Informasi viral ini dibenarkan langsung oleh Lurah Tanah Baru, Zakky, yang menerima laporan adanya aktivitas jual beli di salah satu pasar di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, Rabu (27/1) kemarin sekitar pukul 15.30 WIB. Transaksi dengan uang asing itu dilakukan di sebuah ruko di pasar Muamalah tersebut.

"Untuk aktifitas kegiatan pasar Muamalah memang benar ada, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan hampir setiap hari Minggu mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 11.00 WIB," kata Zakky saat dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Zakky mengatakan transaksi jual beli di ruko tersebut tidak menggunakan uang Rupiah. Melainkan, kata dia, penjual hanya menerima mata uang koin dirham dan dinar.
Yang saya ketahui untuk proses pembayaran pada transaksi jual beli di pasar Muamalah dengan menggunakan koin dinar dan dirham," ucap Zakky.

Zakky mengatakan pemilik ruko bernama Zaim (60) menjual sejumlah barang seperti sandal, parfum, hingga madu. Zakky mengaku pernah diminta oleh pemilik ruko untuk tidak terganggung terkait aktivitas jual beli tersebut

"Saudara Zaim (pemilik ruko) pernah menyampaikan kepada saya agar jangan merasa terganggu karena setiap hari Minggu di depan Ruko ini diadakan kegiatan Bazar atau pasar Muamalah," ujarnya.

Berdasarkan video yang beredar viral di media sosial, terlihat sejumlah barang seperti makanan dipamerkan untuk diperjualbelikan. Dalam video tersebut tampak makanan hingga barang yang dijual dihargai dengan Dirham.

Seperti brownies dihargai dengan setengah dirham, 6 buah roti seharga 1 dirham, hingga Sandal seharga 2 dirham. Tampak salah satu penjual menunjukan hasil jual beli berupa koin emas senilai 1 dinar dan koin silver senilai 2 dirham.(detik.com/artikelasli)

Posting Komentar untuk "Viral Pasar Muamalah di Depok Jual Beli Pakai Dinar, Ga Nyangka Begini Penelusuran Lurah"